Simak 4 Cara Ini Supaya Tidak Terkecoh dengan Kualitas Bahan Baju yang Anda Pilih

Memperhatikan karakter bahan baju dari pakaian yang akan dibeli memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab bisa mempengaruhi kenyamanan dan penampilan secara keseluruhan, sebab banyak sekali bahan pakaian yang terkesan murah. Memakainya pun selain tidak nyaman juga terlihat kurang pas di badan karena terlalu tipis, mudah kusut, dan lain sebagainya. Maka pahami bagaimana memilih bahan pakaian yang berkualitas supaya tidak menyesal sudah membelinya, karena sulit untuk ditukar kalau sudah resmi atau lunas dibayar.

Cara Memastikan Kualitas Bahan

Baju yang modelnya menarik tidak menjamin bahannya bagus, sehingga enak dipakai dan terlihat menunjang penampilan. Supaya bahan pada pakaian tersebut pas dan mutunya memuaskan berikut cara memastikannya:

Baca juga: Kenali Dulu 4 Karakter Bahan Baju Tenis yang Baik Berikut Agar Tidak Keliru Saat Memilih

  • Cobalah diterawang,

Kain atau bahan pakaian yang kalau diterawang ternyata tipis nyaris tembus pandang bukanlah pilihan yang bagus. Apalagi kalau mengkilap maka semakin menunjukan bahwa kain tersebut dibuat dari campuran bahan poliester. Bahan ini akan terasa panas saat dipakai sehingga bukanlah bahan yang direkomendasikan para ahli. Baiknya saat diterawang bahan ini terlihat tebal karena serat kainnya rapat sehingga adem dan enak saat melekat di kulit.

  • Remas sebentar bahan tersebut,

Baju ataupun kain meteran yang hendak dibeli memang baiknya dicek kualitasnya seperti apa agar tidak menyesal sesampainya di rumah. Cara kedua yang bisa membantu menentukan kualitas bahan baju adalah dengan meremas bahan tersebut. Bahan yang bagus tidak mengandung bahan sintetis, sehingga tidak mudah kusut. Kalau usai diremas meninggalkan jejak berupa bekas lipatan maka ada unsur bahan sintetis di dalamnya. Supaya nyaman dan kualitasnya baik hindari bahan yang demikian.

  • Memperhatikan kualitas warnanya,

Bahan yang bagus ternyata juga ditunjukkan oleh kualitas warna yang dimiliki, jadi jangan asal beli meski harganya mahal. bisa jadi mahal hanya karena penjual ingin mengambil keuntungan besar padahal kualitasnya bisa jadi mengecewakan. Warna bahan yang baik adalah merata sehingga tidak ada gradasi, kecuali jika memang sengaja dibuat pelangi. Selain itu warnanya juga terlihat cerah atau jernih, meskipun warna gelap seperti coklat ataupun hitam. Kalau ada yang belang maka jangan ragu beralih ke baju lain yang warnanya lebih merata.

  • Menyentuh tekstur kain tersebut,

Tesktur bahan pada pakaian juga mencerminkan kualitasnya, maka jangan ragu untuk menyentuhnya berlama-lama. Supaya bisa melihat apakah serat kainnya cukup bagus atau tidak dan ditunjukkan oleh permukaan yang terasa lembut. Namun lembut saja tidak cukup karena bahan pakaian yang baik juga harus terasa dingin, minimal tidak panas sama sekali ketika disentuhkan ke kulit tangan. Kalau terasa panas dan kasar maka terbuat dari bahan sintetis dan bahan baju akan terasa tidak nyaman sama sekali saat dipakai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *