Tips Merawat Bola yang Digunakan untuk Volly Ball

Volly ball adalah kegiatan olahraga yang menggunakan tangan untuk mengoper, smash, block, dan berbagai teknik lainnya. Cara permainan bola voli ini adalah dua tim dengan beberapa anggota dan dibatasi net di tengah lapangannya. Olahraga ini menggunakan bola voli sebagai salah satu media penting yang digunakan. Sehingga agar dapat digunakan terus menerus dan awet, maka perawatan bola tersebut merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat bola voli agar tetap awet bisa menggunakan tips di bawah ini.

  • Bersihkan bola setelah digunakan

Tips pertama agar dapat membuat bola tetap awet adalah dengan rutin membersihkannya setelah digunakan. Ketika setelah digunakan baik untuk bermain di lapangan, berlatih, dan berbagai hal lainnya pastikan untuk membersihkan permukaan bola voli tersebut. Terutama untuk bola voli yang mempunyai permukaan yang kotor setelah digunakan. Sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum akan disimpan dan nantinya digunakan kembali. Tips mudah untuk membersihkan bola voli ini setelah digunakan adalah dengan dibersihkan menggunakan air biasa. Sehingga dapat menghilangkan bekas kotoran pada bola voli tersebut. Selain itu ketika bola voli tersebut kotor karena terkena lumpur, pastikan untuk lebih teliti membersihkannya. Caranya yaitu dengan menggunakan sikat dan menggosoknya sehingga dapat bersih. Sebelum disimpan juga pastikan untuk bola tersebut dalam kondisi kering, sehingga menghindari jamur ketika disimpan dalam kondisi basah.

  • Jangan jemur bola

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat bola voli tetap awet adalah dengan tidak meletakkan bola voli di bawah sinar matahari langsung. Setelah menggunakan bola voli tersebut untuk bermain volly ball, maka Anda harus membersihkannya dan tidak jarang mencucinya dengan air. Dan untuk mengeringkannya hindari untuk jemur bola dibawah sinar matahari langsung karena dapat merusak kulit bola tersebut.

  • Perhatikan cara menyimpan bola

Ketika menyimpan bola voli ini juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk bola voli yang tidak digunakan untuk bermain volly maka sebaiknya disimpan menggunakan jaring dan juga dengan cara digantung. Hindari untuk menyimpan bola di lantai karena dapat untuk mempengaruhi tekanan bola voli tersebut. Sehingga dengan penyimpanan yang benar maka bola voli tersebut akan lebih awet untuk digunakan bermain voli.

  • Pompa bola

Dan tips terakhir untuk merawat bola voli agar dapat awet digunakan untuk bermain volly ball adalah dengan mengecek selalu kondisinya. Misalnya sudah tidak lama digunakan untuk bermain bola volly, biasanya bola tersebut akan mudah kempes. Sehingga rajinlah untuk menambah angin bola tersebut untuk menghindari bocor. Ketika bola voli bocor, Anda juga bisa untuk menambalnya dan tidak perlu untuk langsung membeli baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *