Cara Mencuci Celana Olahraga yang Tepat Agar Tidak Mudah Melar

Saat Anda berolahraga, Anda tidak hanya harus menyesuaikan sepatu yang tepat namun juga pakaian olahraga seperti celana olahraga. Hal tersebut disebabkan dengan menggunakan pakaian yang tepat, Anda tidak hanya bisa bergerak sesuai dengan yang Anda butuhkan saat sedang berolahraga namun juga membantu agar tubuh Anda tidak terlalu gerak saat sedang berkeringat. Setelah selesai berolahraga, tentunya Anda tidak ingin agar celana ataupun pakaian Anda bau dan kotor, maka Anda harus segera membersihkannya.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk membersihkan celana yang Anda gunakan untuk berolahraga. Pertama adalah perhatikan jenis bahan celana tersebut. Umumnya, saat berolahraga Anda bisa menggunakan celana training yang terbuat dari bahan katun atau jersey atau bahan yang lainnya yang bisa menyerap keringat namun untuk olahraga tertentu seperti senam, celana legging menjadi pilihan utama. Perhatikan apakah celana tersebut aman untuk dicuci dengan menggunakan mesin cuci atau dengan tangan. Misalnya jenis celana legging sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan agar celana tetap dalam kondisi yang baik misalnya tidak melar.

Kedua adalah pilih deterjen yang seminimal mungkin menggunakan bahan kimia. Hal ini bertujuan agar deterjen tidak meninggalkan residu yang cukup banyak pada celana olahraga dan pakaian Anda yang lainnya yang bisa menyebabkan gatal dan Anda menjadi tidak nyaman. Pisahkan juga antara celana dan baju yang mudah luntur dan yang tidak agar tidak melunturi atau menodai pakaian yang lainnya.

Ketiga adalah jangan merendam terlalu lama. Waktu merendam celana yang dipergunakan untuk olahraga adalah kurang lebih selama 15 menit. Namun, jika celana Anda benar-benar kotor misalnya setelah dipergunakan untuk bermain sepak bola, Anda bisa merendamnya hingga 30 menit dengan tujuan agar kotoran dan noda bisa lebih mudah dibersihkan. Jika celana untuk olahraga misalnya celana training direndam dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan bahan menjadi cepat molor dan warna dari celana tersebut menjadi cepat luntur. Jangan pula merendam dengan menggunakan deterjen yang terlalu banyak ataupun menambahkan cairan pemutih. Setelah direndam, segera kucek dan bilas hingga bersih.

Cara selanjutnya untuk mencuci celana olahraga yang benar adalah:

  • Hindari mengeringkan dengan menggunakan mesin pengering. Cara mengeringkan dengan mesin pengering kerap dilakukan karena waktu yang mepet namun cara ini bisa membuat celana training rusak dan benang-benang atau serat menjadi mencuat dan longgar.
  • Jemur dengan cara bagian dalam celana berada di luar sehingga bagian dalam tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.
  • Saat Anda menyetrika perhatikan mengenai suhu. Biasanya ada setrika yang dilengkapi dengan fitur dimana Anda bisa menyesuaikan suhu tersebut sesuai dengan bahan dari pakaian. Terlalu panas suhunya bisa menyebabkan kain dan juga karet celana menjadi molor sehingga tidak nyaman untuk digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *