Formasi Permainan Futsal yang Paling Ampuh Mengalahkan Musuh

Olahraga futsal memang menjadi cabang olahraga yang paling banyak peminatnya di Indonesia, baik kaum muda maupun dewasa. Hal ini dikarenakan permainannya menyerupai sepak bola, namun jumlah pemain dan juga besar lapangannya berbeda. Selain melatih olah tubuh, nyatanya permainan ini juga melatih olah otak para pemainnya dan juga pelatihnya. Permainan yang memerlukan 5 orang untuk satu timnya ini harus menentukan strategi yang dipakai, terutama dalam menyusun formasi para pemainnya agar tidak terkalahkan dan bisa mencetak angka dengan lebih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa formasi yang sangat dianjurkan untuk Anda yang gemar bermain permainan ini dan memang terbukti sangat ampuh untuk menaklukkan musuh Anda:

  1. 2-0-2

Jenis formasi pertama yang bisa Anda terapkan ketika sedang bermain atau bertanding adalah formasi 2-0-2. Formasi ini menjadi yang paling sering digunakan oleh para pemainnya. Formasi ini menempatkan 2 orang untuk penyerang dan juga 2 orang untuk bertahan. Keuntungan dari menerapkan formasi ini adalah sang penyerang bisa membantu untuk bertahan atau kebalikannya, yaitu membantu menyerang. Yang paling penting, yaitu tim tersebut harus bisa bermain dengan tempo yang konstan dan mengusahakan untuk mendominan dalam mendapatkan bola.

Baca juga: Tips Memilih Lapangan Futsal Terbaik untuk Aktifitas Berolahraga Anda

  1. 3-0-1

Bentuk formasi selanjutnya yang biasanya diterapkan dalam permainan futsal agar tim mereka bisa memperoleh kemenangan adalah formasi 3-0-1. Formasi yang satu ini sangat cocok untuk Anda terapkan di awal pertandingan agar dapat mencegah tim lawan untuk bisa mencetak angka dan menunggu mereka sampai merasa lelah, barulah mengambil bola atau menyerangnya balik. Yang terpenting dari menggunakan formasi ini adalah pastikan jika semua pemainnya memiliki kondisi fisik yang sehat bugar dan mampu menguasai bola.

  1. 2-1-1

Formasi lain yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kemenangan dengan mudah adalah formasi 2-1-1. Formasi ini memang sedikit mirip dengan 3-0-1, namun bedanya adalah ada 1 pemain yang berada pada bagian tengah untuk mengatur siklus permainan tim. Pemain yang berada di tengah haruslah piawai dalam bertahan dan juga piawai dalam menyerang. Pemain yang ditengahlah yang menjadi kunci utamanya agar tim Anda bisa menang dalam permainan atau pertandingan tersebut.

  1. 1-1-2

Bagi Anda yang berada dalam sebuah tim futsal yang memiliki kebiasaan untuk menyerang terlebih dahulu, maka formasi ini sangat dianjurkan. Dengan menempatkan 2 orang untuk menyerang dan 1 pemain yang berada di tengah ini tim Anda pun dapat sukses membuat lawan menjadi kewalahan. Formasi ini biasanya diterapkan pada permainan ini yang modern karena biasanya mempunyai tempo yang lebih cepat dan ruang mainnya pun juga lebih sempit. Jika lawan Anda piawai untuk memberikan serangan balik, tim Anda pun harus dengan gesit dapat menahan serangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *