Penasaran Apa Saja yang Wasit Sepak Bola Harus Bawa ke Lapangan? Ini Dia Jawabannya!

Pada permainan sepak bola, di atas lapangan bukan hanya ada para pemain dari kedua tim saja, namun pasti akan selalu ada satu sampai tiga orang wasit yang mengawasi permainan atau pertandingan tersebut agar bisa berjalan dengan jujur dan adil. Meski biasanya orang-orang berfokus pada pemainnya saja, namun nyatanya seorang wasit memiliki tanggung jawab dan juga tugas yang berat, tidak kalah dengan pemainnya. Selain mengawasi permainan, para wasit juga harus berlari-lari bersama dengan sang pemain untuk mengawasi permainannya. Selain berlari, mereka juga harus membawa beberapa barang bersama dengan mereka dan memakainya jika ada sesuatu yang terjadi. Penasaran, apa saja yang dibawa oleh seorang wasit pertandingan olahraga tersebut? Ini dia jawabannya:

  • Peluit

Barang pertama yang wajib dibawa oleh seorang wasit dan tidak boleh sampai ketinggalan adalah peluit. Karena sangat penting, maka benda ini biasanya dikalungkan di leher mereka agar dapat dipakai dengan cepat juga. Peluit ini akan dipakai jika ada pemain yang melakukan pelanggaran, memulai pertandingan, memberhentikan pertandingan, protes yang bersifat sangat keras dari para pelatih tim yang bertanding, cuaca yang buruk, dan masih banyak yang lainnya. Peluit yang dipakai pun harus berkualitas, biasanya terbuat dari bahan logam untuk bisa menghasilkan suara yang sangat nyaring.

  • Jam Tangan

Benda lain yang harus dimiliki oleh para wasit pengawas permainan sepak bola selain peluit adalah jam tangan. Benda ini sangat penting dan tidak boleh sampai terlupakan, karena alat ini memiliki fungsi untuk melihat durasi pertandingan atau sebagai stopwatch. Biasanya, sebuah pertandingan akan berlangsung dalam 45 menit saja per babaknya. Bukan hanya satu jam, namun nyatanya seorang wasit harus mempunyai dua buah jam tangan, dimana yang satu berjalan tanpa henti, sedangkan yang satu lagi yang bisa diberhentikan jika ada sesuatu yang terjadi di atas lapangan.

  • Kartu dan Buku

Alat penting yang harus dibawa oleh seorang wasit adalah kartu dan buku berukuran kecil. Untuk kartu, ada dua jenis kartu yang tidak boleh terlupakan oleh seorang wasit, yaitu kartu merah dan kuning. Pemain akan diberikan kartu kuning jika mereka melakukan pelanggaran yang sifatnya ringan, namun akan diberikan kartu merah jika pelanggaran yang dibuat lebih serius. Sedangkan buku berguna untuk mencatat semua yang terjadi dalam permainan, seperti gol, pelanggaran, ganti pemain dan lainnya.

  • Alat Komunikasi

Benda terakhir yang harus dibawa oleh seorang wasit sepak bola dan tidak boleh sampai ketinggalan adalah alat komunikasi. Alat tersebut biasanya berupa sebuah head set yang juga dilengkapi mic. Alat ini bertujuan untuk bisa berkomunikasi dengan wasit yang lainnya, petugas penjualan pertandingan, petugas medis, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada pula wasit yang membawa bendera yang digunakan untuk memberikan sinyal pada wasit lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *