Perlengkapan Volly Ball yang Harus Anda Punya dan Kenakan Ketika Memainkannya

Seluruh cabang olahraga pastinya memiliki peralatan dan juga perlengkapan yang berbeda dan pastinya harus digunakan oleh pemainnya ketika sedang memainkan permainan tersebut. Begitu pula dengan permainan volly ball, meski dimainkan dengan tangan kosong oleh pria dan juga wanita, nyatanya permainan ini membutuhkan beberapa peralatan dan juga perlengkapan yang khusus. Peralatan yang digunakan untuk permainan ini adalah bila voli dan juga net, serta lapangan voli itu sendiri. Untuk selebihnya, Anda harus menyiapkannya sendiri dan membeli secara mandiri. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan untuk memainkan permainan ini agar Anda juga merasa lebih aman dan nyaman:

  • Pakaian Olahraga

Benda atau perlengkapan pertama yang harus Anda punyai dan kenakan adalah pakaian olahraga. Para pemainnya biasa menggunakan kaos olahraga serta celana pendek yang senada dengan pakaian tersebut. Selain itu, jika Anda bermain dalam tim untuk sebuah pertandingan, ada baiknya mengenakan baju seragam yang sama, kecuali pemain libero. Disamping itu, kaos tersebut haruslah tertera nomor punggung yang berkisar dari nomor 1 hingga 20. Dengan ini, Anda pun sudah diperbolehkan untuk bertanding dengan tim Anda.

  • Sepatu

Selain pakaian olahraga, perlengkapan berikutnya yang harus Anda punya dan kenakan ketika akan bermain volly ball adalah sepatu khusus. Memang ada banyak sekali jenis sepatu, namun ada baiknya jika menggunakan sepatu yang memang dibuat secara khusus untuk para pemain olahraga ini. Sepatu jenis ini biasanya memiliki berat yang sangat ringan. Karena sangat ringan, maka jangan kaget jika Anda sedang memakainya, maka Anda dapat melompat dengan sangat tinggi. Akan lebih disarankan untuk membeli jenis sepatu ini yang dikeluarkan oleh merek-merek ternama.

  • Deker Siku

Perlengkapan yang lainnya yang harus Anda kenakan adalah deker siku atau yang lebih sering disebut sebagai elbowpad. Hal ini sangat penting untuk dikenakan karena dapat melindungi siku Anda jika terjatuh ketika bermain serius. Jika terjatuh, hal pertama yang pasti Anda lakukan dengan refleks adalah menahannya dengan tangan, namun jika sedang bermain, tangan Anda pasti diposisikan seolah ingin memukul bola, jadi yang akan menopang tubuh adalah siku. Jika tidak memakainya, mungkin akan hal yang tidak diinginkan terjadi pada siku Anda. Untuk itu, pemakaiannya sangat dianjurkan demi keselamatan dan keamanan Anda.

  • Pelindung Ruas Jari

Perlengkapan terakhir yang harus Anda gunakan ketika sedang bermain volly ball adalah pelindung ruas jari. Hal ini berguna ketika Anda akan melakukan blocking, biasanya lawan akan me-spike bola tersebut dan bisa saja bola tersebut terkena jari Anda. Dengan memakai pelindung, pastinya jari Anda tidak akan terluka atau mengalami cedera. Jari yang biasanya rentan terhadap cedera adalah jari kelingking dan manis karena kedua jari ini terletak di bagian luar dan bersifat tidak terlalu kuat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *