Mengintip Perubahan Baju Renang dari Dulu Hingga ‘Dilahirkannya’ Bikini

Berenang menjadi salah satu aktivitas yang disukai oleh banyak orang. Kegiatan di air tersebut umumnya dilakukan di kolam renang ini butuh pakaian khusus yang disebut dengan baju renang. Pakaian renang yang kini lebih identik dikenal dengan bikini ini ternyata memiliki evolusi sejak dahulu hingga saat ini. Dahulunya di jaman Romawi Kuno sudah ada kegiatan mandi bersama atau berenang yang menjadi tradisi. Di kala itu, masyarakat bertelanjang.

Pada mozaik peninggalan dari kekaisaran Romawi dari 300 M ditemukan gambar wanita yang berpakaian mirip dengan bikini saat sedang menari dan berolahraga walaupun tidak ditemukan bukti jika pakaian yang digunakan untuk berenang. Setelah masa kekaisaran Romawi Kuno runtuh, tradisi mandi bersama hilang kemudian sebelum Revolusi 1789, bangsawan Perancis mempelopori berenang di laut dan seiring dengan perkembangan jaman, kebiasaan tersebut berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan yang dilakukan pria atau wanita namun dibuatkan tempat khusus untuk wanita di atas roda agar atau bathing machine bisa digunakan untuk berganti pakaian dan dipindahkan kemana saja.

Setelah itu, diperlukan baju renang yang layak agar bisa bergerak dengan mudah di dalam air dan tidak melanggar norma dari kesopanan. Kala itu, pakaian renang untuk wanita mempunyai pemberat di dalam keliman agar kain tidak naik dan memperlihatkan kaki pengguna dan baju tersebut disebut gaun mandi atau the bathing gown. Akhir abad 19, dibuatlah pakaian renang yang lebih ringan dari gabungan celana dan baju dan rok disebut princess cut. Tahun 1907, perenang Australia, Annete Kellerman ditangkap saat pertunjukan Balet Wanita dalam Air di Pantai Boston, AS karena pakaian renangnya yang pas di badan dan menampakkan lengan, kaki leher. Dari penangkapan tersebut menimbulkan protes.

Baca juga: Tips Memilih Baju Renang Terbaik untuk Diving

1913, Carl Jantzeen seorang perancang busana menciptakan pakaian renang Two Pieces lalu di 1921, perusahaan Jantzeen Knitting Mills meluncurkan pakaian renang dengan model One Piece yang digemari masyarakat dan dipergunakan di kontes kecantikan di Atlanta, AS. Setelah PD II model pakaian renang jadi lebih berani. 1946, Jacques Heim seorang perancang membuat pakaian renang minim, atome berbentuk celana pendek dan kutang dan promosi di Pantai Cannes.

3 minggu setelahnya, Louis Reard menciptakan pakaian renang dengan model yang dikenal dengan nama bikini. Insinyur mesin yang beralih profesi menjadi seorang perancang pakaian renang ini menggunakan penari erotis Casino de Paris yang bernama Micheline Bernard ini agar memperagakan bikini di tanggal 5 Juli 1946 di Piscine Molitor, Paris sebab para model langganan menolak untuk mengenakannya karena dahulunya pakaian yang menampakkan pusar dianggap tabu. Akhirnya timbul pro kontra namun setelah diterima di Amerika, Bridget Bardot di tahu 1956 mengenakan bikini di Festival Film Cannes dan 1962, Ursula Andress juga mengenakannya di Dr. NO James Bond sehingga baju renang bikini menjadi terkenal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *