Inilah Manfaat dari Muai Thai untuk Kebugaran Wanita

Muai thai atau yang dikenal juga dengan tinju thai merupakan seni bela diri keras yang berasal dari Kerajaan Thai yang memiliki kemiripan dengan gaya seni beladiri yang berasal dari Indocina. Tinju thai ini termasuk sebagai olahraga nasional yang merupakan turunan dari bela diri kuno muay boran. Tinju thai ini kerap disamakan dengan kickboxing karena memang memiliki teknik pertarungan yang hampir sama.

Seni bela diri dari Thailand ini memiliki teknik yang sangat menggunakan pukulan, siku, tendangan, serangan lutut sehingga disebut juga dengan ilmu delapan tungkai atau seni delapan tungkai. Seni bela diri ini tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga diri dari orang yang berniat jahat terhadap Anda, terutama jika Anda wanita, namun juga memberikan manfaat yang bagus untuk kebugaran tubuh.

Wanita umumnya tertari untuk mempelajari muai thai karena bisa membantu untuk menjaga diri namun juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena seni bela diri tersebut membutuhkan teknik yang menggerakkan seluruh tubuh seperti bagian kaki, tangan, lutut, siku, kepalan tangan. Dengan gerakan teknik tersebut, misalnya menendang, secara perlahan mampu membuat lemak menjadi berkurang dan masa otot menjadi bertambah sehingga tubuh menjadi kencang dan lebih ramping. Jika disertai dengan mengkonsumsi makanan yang sehat terutama jika Anda sedang diet, berat badan ideal bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan berolahraga tinju thai ini, maka sebaiknya lakukan latihan 2 kali dalam seminggu.

Kedua adalah membantu untuk meningkatkan stamina. Dengan gerakan tinju thai yang cukup menguras tenaga ini secara perlahan bisa membantu untuk meningkatkan stamina. Jika stamina Anda semakin meningkat maka Anda bisa beraktivitas dengan lebih leluasa termasuk aktivitas yang cukup berat bahkan bisa membantu agar Anda tidak mudah sakit sebab tubuh menjadi lebih bugar.

Manfaat lainnya bagi wanita untuk kebugaran tubuh dengan latihan muai thai secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu adalah:

  • Membantu untuk meningkatkan kekuatan otot. Gerakan yang dilakukan untuk tinju thai ini membutuhkan gerakan dari seluruh anggota badan termasuk tangan dan kaki. Karena hal tersebut otot pada anggota gerak tubuh menjadi lebih meningkat dan kuat. Selain itu, olahraga yang berasal dari Thailand ini juga membantu untuk membantu menguatkan otot cardiovascular sehingga membantu menurunkan resiko penyakit cardiovascular misalnya penyempitan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan hipertensi dan jantung.
  • Membuat kulit menjadi bercahaya. Dengan berolahraga secara teratur misalnya dengan tinju thai ini, akan membuat tubuh menjadi berkeringat. Lewat keringat tersebut, racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar sehingga tidak hanya membuat tingkat racun yang ada dalam tubuh menurun namun juga membuat metabolisme tubuh bisa semakin lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *