Fakta Piala Dunia 2018 Sebagai Kompetisi Tertinggi Sepak Bola Tahun Ini

Fakta Piala Dunia 2018 Sebagai Kompetisi Tertinggi Sepak Bola Tahun Ini

Sepak bola tidak hanya popular dimainkan di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Permainan yang dimainkan oleh 11 orang per timnya tersebut butuh waktu normal selama 90 menit untuk menentukan tim mana yang menang. Sama seperti cabang olahraga yang lainnya, football memiliki kompetisi atau kejuaraan tertinggi yang disebut dengan Piala Dunia. DI tahun 2018 yang akan digelar di Rusia ini memiliki beberapa fakta unik yang harus Anda ketahui

Fakta Piala Dunia 2018 Sebagai Kompetisi Tertinggi Sepak Bola Tahun Ini

Pertama adalah maskot. Setiap Piala Dunia yang diselenggarakan di negara-negara terpilih menyiapkan maskotnya sendiri dan di tahun 2018 ini, maskot yang digunakan bernama Zabivaka. Nama dari maskot tersebut jika dalam bahasa Rusia memiliki arti orang yang mencetak skor. Dilansir dari laman resmi FIFA, nama maskot tersebut cocok untuk serigala yang memancarkan pesona, kesenangan serta kepercayaan diri. Sebelum dipilihnya Zabivaka sebagai maskot Piala Dunia 2018, masyarakat Rusia melakukan voting terlebih dahulu selama 1 bulan penuh dan akhirnya terpilihlah Zabivaka.

Kedua adalah poster Piala Dunia 2018. Poster yang dirilis 3 hari sebelum waktu penentuan tim grup untuk Piala Dunia 2018 ini menggunakan gambar Lev Yashin yang merupakan kiper legendaris dari Uni Soviet. Poster yang dirilis di Stadion Metro Moskow ini merupakan cerminan serta warisan astistik sepak bola Rusia sehingga berdasarkan pada penuturan dari Ketua Komite Pelaksana Lokal 2018 Rusia yaitu Vitaly Mutko mengemukakan jika poster yang resmi diluncurkan tersebut akan menjadi salah satu simbol yang mengesankan saat Piala Dunia di Rusia tahun 2018 ini.

Keempat adalah bola yang dipergunakan. Bola yang dipergunakan untuk Piala Dunia 2018 ini adalah Telstar 18 yang menggunakan model klasik namun dilengkapi dengan teknologi baru. Bola yang dikeluarkan oleh Adidas ini merupakan penghormatan yang diberikan Adidas untuk bola pada Piala Dunia 1970 yaitu Telstar 18 dan juga para legenda seperti Gerd Muller, Pele, Pedro Rocha, Giacinto Facchetti, Bobby Moore.

Baca Juga Penasaran Apa Saja yang Wasit Sepak Bola Harus Bawa ke Lapangan? Ini Dia Jawabannya!

Fakta lainnya mengenai kompetisi tertinggi sepak bola yaitu Piala Dunia 2018 di Rusia yaitu:

  • Stadion yang dipergunakan. Saat pagelaran Piala Dunia 2018, stadion yang dipergunakan adalah Luzhniki Stadium yang ada di Rusia untuk pembuka dan penutup piala dunia yang berkapasitas 80.000 orang.
  • Logo yang mengambil makna universal yang terlihat dari outline. Logo dengan penambahan emas, merah, hitam dan biru tersebut terinspirasi dari teknik kuno yang ada di dunia seni serta pewarnaan ikon yang paling awal yang ada di Rusia. Di bagian lambang yang terdapat bola ajaib ini memiliki arti kecintaan dunia football yang menjadi sorotan. Secara keseluruhan, konsep dari lambang Piala Dunia yang dilaksanakan di Rusia ini menyatukan antara magic dan dream.
  • Italia yang tidak lolos dan Islandia yang pertama kali lolos ke Piala Dunia 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *