Tips Memilih Celana Olahraga yang Nyaman Digunakan

Tips Memilih Celana Olahraga yang Nyaman Digunakan

Melakukan aktivitas olahraga secara rutin sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Untuk melakukan olahraga dibutuhkan kondisi fisik yang prima, mental yang kuat serta menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh. Salah satu pendukung kenyamanan dalam berolahraga yang sering dilupakan adalah pakaian yang digunakan, baik baju olahraga maupun celana olahraga. Pemilihan pakaian olahraga yang baik dan tepat akan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam bergerak. Lalu pilihan pakaian olahraga seperti apakah yang tepat sebagai pilihan?. Untuk itu simak beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Celana Olahraga yang Nyaman Digunakan

  • Pemilihan bahan yang tepat.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang membutuhkan gerakan tubuh yang intens. Gerakan-gerakan yang dilakukan dapat meningkatkan suhu tubuh secara signifikan dengan diimbangi keluarnya keringat dalam tubuh yang merupakan hasil dari pembakaran. Memilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat sangat bagus untuk menjaga kelembapan dalam tubuh agar tetap nyaman dalam berolahraga. Saat melakukan olahraga di tempat dengan suhu yang tinggi, maka proses penguapan keringat menjadi hal yang sangat penting. Pakaian yang digunakan harus mempunyai kemampuan menyerap yang tinggi dan menguapkan panas tubuh melalui pori-pori tubuh. Untuk olahraga di suhu yang tinggi pilihlah bahan yang tidak tebal karena akan membuat panas tubuh meningkat. Di pasaran banyak dijual pakaian olahraga dengan berbahan katun. Bahan yang satu ini sangat baik untuk menyerap keringat dan menguapkannya dengan cepat. Salah satu jenis pakaian olahraga yang baik, untuk baju maupun celana olahraga adalah yang merupakan kombinasi dari bahan katun, polyster, dan spandex. Kombinasi ketiga bahan tersebut terbukti sangat baik dibandingkan dengan yang berasal dari bahan katun saja.

  • Pilihlah pakaian yang longgar.

Pakaian yang longgar juga menjadi faktor penting agar kenyamanan dalam berolahraga tercapai. Baju ataupun celana yang longgar akan lebih membuat leluasa dalam bergerak.

  • Sesuaikan dengan jenis olahraga yang dijalani.

Untuk olahraga aerobik, jogging atau jalan kaki pilihlah jenis celana yang longgar dan tidak terlalu ketat. Berbeda dengan olahraga aerobik, jika berolahraga di gym ataupun fitness centre pilihlah celana yang pas bodi yang bertujuan untuk meminimalkan resiko cedera. Sedangkan untuk olahraga seperti bulutangkis, voli, tenis meja perlu celana yang membuat gerak tubuh lebih leluasa. Untuk olahraga outdoor pada siang maupun pagi hari, pemakaian celana yang longgar dan menyerap keringat dengan baik lebih dianjurkan.

Baca juga Cara Mencuci Celana Olahraga yang Tepat Agar Tidak Mudah Melar

Berolahraga memang sangat baik untuk kesehatan, namun alangkah baiknya kita mengutamakan kenyamanan terlebih dahulu dalam melakukannya, terutama dari baju dan celana olahraga yang dikenakan. Untuk itu kejelian kita dalam memilih bahan dan menyesuaikannya dengan jenis olahraga yang dijalani akan sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *