4 Perbedaan Bola Futsal dan Bola Sepak yang Wajib Diketahui, Jadi Jangan Sampai Salah Pilih!  

4 Perbedaan Bola Futsal dan Bola Sepak yang Wajib Diketahui, Jadi Jangan Sampai Salah Pilih!  

Olahraga yang dilakukan secara berkelompok agaknya memang jauh lebih menyenangkan bagi masyarakat jika dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan sendiri. Misalnya saja sepak bola maupun futsal, permainan ini bisa dilakukan dengan beberapa orang dengan sistem bertanding, siapa yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka merekalah yang akan menang. Tentunya ada beberapa jenis sarana yang harus dimiliki untuk bisa memainkan permainan yang satu ini, mulai dari lapangan, bola futsal sampai dengan adanya jersey, namun untuk seragam atau jersey ini sendiri sifatnya adalah opsional, artinya bisa dipakai maupun tidak.

 4 Perbedaan Bola Futsal dan Bola Sepak yang Wajib Diketahui, Jadi Jangan Sampai Salah Pilih!  

Banyak pastinya diantara Anda yang sering meluangkan waktu untuk melakukan olahraga yang satu ini, mengingat tidak bisa dipungkiri bahwa permainan berkelompok juga bisa digunakan untuk menguji kekompakan antar teman atau sahabat. Umumnya olahraga semacam ini juga sering masuk sebagai pertandingan di hari-hari penting tertentu.

 

Lalu pastinya juga ada yang sebenarnya agak bingung apa perbedaan antara futsal dengan sepak bola ini, mengingat pada dasarnya permainan yang dilakukan sama, mulai dari jumlah pemain sampai dengan beberapa macam kebutuhan yang dipakai memang tergolong berbeda. Satu yang bisa dilihat secara jelas adalah perbedaan dari segi bolanya, nyatanya antara bola yang dipakai untuk bermain sepak bola dan juga bola futsal ini sedikit berbeda. Berikut ini yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

Baca Juga : 4 Pemain Sepak Bola Indonesia yang Masuk 25 Besar Jajaran Pemain Terbaik Se Asia Tenggara  

  1. Bahan, dari segi bahan pelapis luarannya untuk bola yang dipakai bermain sepak bola selalu dilapisi dengan karet, sebagian diantaranya ditambah dengan bahan sintetis atau buatan pabrik, tentunya dengan kualitas yang baik sehingga memiliki ketahanan yang bagus terhadap tendangan. Sedangkan untuk futsal bahannya lain.
  2. Diameter, ukuran dari bola untuk bermain futsal nyatanya lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola, diantaranya adalah memiliki diameter antara 62 sampai dengan 64 cm, sedangkan untuk bola sepak ukurannya antara 68 sampai dengan 72 cm.
  3. Berat bola, karena memiliki ukuran diameter yang berbeda, maka jika melihat dari segi bobot keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup jelas, bobot bola sepak lebih berat jika dibandingkan dengan bola untuk olahraga futsal.
  4. Pantulan bola, dengan melakukan uji pantulan antara bola sepak dengan bola untuk futsal dari ketinggian 1 m, maka bola untuk futsal memiliki daya pantul yang lebih rendah jika dibandingkan dengan bola sepak biasa.

 

Jadi bagi Anda yang memang gemar dengan olahraga tersebut agaknya jangan sampai sembarangan di dalam memilih sarana yang akan dipakai untuk bermain. Bola futsal hanya digunakan untuk bermain futsal, sebaliknya bola sepak dipakai untuk permainan sepak bola. Ingat kesalahan dalam memilih hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *