5 Cara Mudah Merawat Bola Futsal Agar Lebih Awet  

5 Cara Mudah Merawat Bola Futsal Agar Lebih Awet

Olahraga jadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat jika menginginkan tubuh yang sehat, karena dengan banyak melakukan gerakan maka kalori dalam tubuh juga bisa dibakar secara lebih efektif. Tak hanya itu manfaat tambahan yang bisa didapatkan adalah tubuh menjadi lebih bagus. Hal inilah yang membuat sebagian banyak orang menggemari olahraga, namun bukan olahraga yang dilakukan sendiri, melainkan berkelompok seperti diantaranya adalah futsal atau sepak bola. Berbekal bola futsal dan lapangan saja, maka bisa memainkan pertandingan ini.

 5 Cara Mudah Merawat Bola Futsal Agar Lebih Awet  

Bahkan bukan hanya dari kalangan orang dewasa saja, melainkan jika dilihat sebagian banyak diantaranya yang senang memainkan olahraga tersebut adalah anak-anak. Sebagai bagian untuk menjalin pertemanan atau bersosialisasi dengan banyak orang. Tak jarang diantaranya yang juga senang bermain sendiri, latihan dengan memakai bola futsal di rumah. Bola ini termasuk salah satu jenis sarana bermain yang sangat penting untuk olahraga tersebut, namun karena penggunaannya yang terlalu berlebihan seperti sering kali ditendang, maka tidak bisa dipungkiri jika membuatnya juga rentan mengalami kerusakan.

 

Berikut ini diantara beberapa tips dalam merawat bola tersebut agar lebih awet, diantaranya adalah:

 

  1. Bersihkan setelah dipakai, jangan biarkan bola tersebut bermandikan lumpur, bahkan tanpa dibersihkan, hal ini hanya akan membuat timbulan lumpur kian mengeras, juga menutup permukaan warna asli dari bola, sehingga tampak mudah sekali buluk. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkannya setelah dipakai, paling tidak tempat penyimpanan juga akan selalu bersih.
  2. Simpan hanya di tempat yang kering dan bersih, jangan menyimpan bola di tempat yang lembab, karena kondisi ruangan yang terlalu lembab menyebabkan bola tersebut mudah sekali menjamur di bagian permukaannya.
  3. Pastikan untuk selalu mengecek jumlah udara didalamnya sebelum dipakai untuk bermain. Mengapa demikian? Karena dengan menendang-nendang bola dengan kapasitas angin kecil membuatnya mudah sekali rusak, khususnya di bagian kulit luar, begitu juga jika kapasitas anginnya terlalu berlebih maka akan membuat bola tersebut mudah meledak ketika dipakai bermain.
  4. Jika bola tersebut bocor maka bisa diatasi dengan cara menambalnya, karena memang bukan pertandingan resmi, jika Anda memiliki bola sepak yang bocor maka masih bisa ditambah selama tingkat kebocorannya sendiri tidak terlalu parah.
  5. Jangan diduduki, sering kali pastinya setelah selesai bertanding banyak anak-anal yang menggunakan bola tersebut untuk kegiatan-kegiatan lain, salah satunya adalah menduduki bola, meskipun ia memiliki tingkat kelenturan yang baik dan diisi dengan udara, namun hal ini rentan merusak bola tersebut.

Baca Juga : Tips Merawat Bola yang Digunakan untuk Volly Ball

Cukup dengan 5 hal tersebut maka bola futsal yang Anda miliki akan tahan lebih lama, lebih baik merawatnya dibandingkan harus membeli yang baru, apalagi harganya cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *