Perbedaan Antara Bola Sepak dengan Bola Futsal yang Harus Anda Ketahui

Berolahraga merupakan suatu upaya untuk menjaga kebugaran tubuh. Tak heran jika banyak orang yang rutin melakukan olahraga agar tubuh tetap fit dan bersemangat. Umumnya jenis olahraga yang ditekuni antara satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda. Misalnya untuk para wanita, mereka lebih senang menekuni olahraga jenis aerobik, seperti senam, zumba, dll. Untuk para pria, olahraga yang butuh kemampuan banyak bergerak dan kerjasama tim lebih disukai, seperti basket, futsal, sepak bola, voli, dlsb. Futsal merupakan salah satu olahraga yang disukai para pria saat ini. Permainan futsal umumnya dilakukan di dalam ruangan sehingga bisa dimainkan di berbagai cuaca, baik saat hujan maupun panas. Berbeda dengan sepak bola yang baru bisa dimainkan di lapangan terbuka sehingga resiko panas dan hujan sudah menjadi hal yang biasa. Perbedaan lain yang mencolok juga terletak pada ukuran lapangan yang digunakan. Untuk futsal Anda bisa menggunakan lapangan yang lebih sempit dibandingkan dengan sepak bola. Jumlah pemain juga berbeda antara futsal dengan sepak bola. Namun tahukah Anda ada perbedaan lainnya lagi yang terletak pada bola yang digunakan. Jadi antara bola sepak dengan bola futsal memiliki perbedaan dan tidak bisa digunakan secara bertukar satu sama lain.

 

Bagi orang awam tentu berpikiran jika bola yang digunakan untuk permainan futsal juga sama dengan bola yang digunakan untuk permainan sepak bola. Jika Anda menekuni salah satu diantara kedua olahraga tersebut, Anda pasti mengetahui perbedaan yang satu ini. Bagi Anda yang belum mengetahuinya bisa disimak yang berikut ini.

  • Bola futsal.

Untuk mengetahui perbedaan antara bola sepak dengan futsal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran bola untuk permainan futsal sesuai standar internasional. Bola pada futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran bola sepak karena memiliki diameter terbesar yang hanya 64 cm dengan berat antara 400-440 gram. Berbeda dengan bola sepak, bola untuk permainan futsal tidak terlalu memantul saat mengenai permukaan lapangan. Hal ini bisa Anda lihat atau teliti saat memesan dari tempat pembuatan bola atau produsen bola. Bahan yang digunakan hampir sama dengan bola sepak yaitu dari bahan kulit sintetis yang memiliki ciri tidak membuat bola menjadi berbulu saat menyentuh permukaan lapangan.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Merawat Bola Futsal Agar Lebih Awet

  • Bola sepak.

Perbedaan yang mencolok tentu dari ukuran bolanya. Bola sepak lebih besar dari segi ukurannya dibandingkan dengan bola untuk permainan futsal. Sesuai dengan standar internasional, bola sepak memiliki diameter dari 68-70 cm dengan berat sekitar 410-450 gram dan tidak diperbolehkan melebihi ini. Berbeda dengan bola futsal, bola untuk permainan sepak bola lebih memantul ketika dilemparkan ke permukaan tanah. Ketika dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maka pantulan yang akan dihasilkan mencapai ketinggian 60 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *