Tips Merawat Jersey Futsal Agar Senantiasa Awet

Tips Merawat Jersey Futsal Agar Senantiasa Awet

Bagi Anda penggiat olahraga futsal tentu memiliki beberapa perlengkapan dari mulai outfit hingga perlengkapan yang harus digunakan sudah bukan hal yang baru lagi. Futsal merupakan jenis olahraga yang menyerupai permainan sepak bola namun bisa dilakukan di dalam ruangan. Permainan yang satu ini memerlukan beberapa outfit saat digunakan untuk sekedar latihan maupun untuk pertandingan. Sepatu futsal yang sesuai hingga jersey futsal tentu tidak boleh ketinggalan untuk setiap kegiatan futsal.

Tips Merawat Jersey Futsal Agar Senantiasa Awet

Jersey untuk futsal memang saat ini tidak hanya digunakan saat pertandingan olahraga saja. Bahkan tak jarang kita menjumpai jersey yang satu ini untuk menunjang penampilan fashion. Bagi beberapa orang memiliki jersey merupakan kebanggaan tersendiri. Sehingga tak jarang yang melakukan perawatan sedemikian rupa agar jersey terlihat bagus dan kinclong, serta awet digunakan jangka panjang. Bagi Anda yang belum mengetahui perawatan yang tepat untuk jersey yang Anda miliki bisa disimak ulasan berikut ini.

Cara mencuci jersey futsal

  • Siapkan air secukupnya pada ember tempat mencuci kemudian larutkan detergen pada air.
  • Masukkan baju jersey pada ember berisi campuran air dengan detergen tadi dan rendam selama 2-3 menit.
  • Untuk menghilangkan kotoran maupun keringat yang menempel pada permukaan jersey, angkat jersey dari air lalu rendam lagi. Lakukan hal ini secara berulang-ulang hingga 2-3 kali.
  • Setelah diangkat dan dicelupkan secara berulang-ulang, bilas jersey menggunakan air bersih yang telah disiapkan pada ember lainnya. angkat dan celupkan pada air sampai busa pada baju jersey menghilang dan bersih.
  • Terakhir Anda bisa menjemur jersey dengan hanger atau gantungan baju di tempat yang teduh dan terhindar dari terik sinar matahari. Hal ini penting untuk menjaga warna jersey tetap cerah dan tahan lama.

Cara menyetrika jersey

Perawatan jersey tidak hanya terletak pada cara pencuciannya saja, namun juga saat menyetrika yang baik dan benar. Untuk itu simak tips berikut ini:

  • Saat menyetrika gunakan suhu setrika yang lebih rendah dan tidak terlalu panas.
  • Untuk patch yang mulai lepas, Anda bisa menyetrikanya dengan cara dibalik kemudian menyetrika patch dari bagian dalam dengan suhu panas yang sedang.
  • Untuk menghindari font pada jersey mengelupas, lecet, dan cepat berbulu, Anda bisa melapisi kain diatasnya saat menyetrika sehingga papan setrika tidak berkontak langsung dengan font pada jersey.

Baca juga Langkah-langkah Membuat Jersey Futsal Sendiri Agar Biaya Lebih Murah

Cara penyimpanan jersey

  • Saat disimpan di dalam lemari pakaian atau digantung di dinding, hindari dari gesekan-gesekan kasar karena akan menyebabkan serat benang pada jersey futsal tertarik sehingga menimbulkan bahan sedikit berbulu dan berserabut.
  • Anda bisa menyimpannya dengan cara digantung untuk menghindari sablonan baju terkelupas atau retak karena kebanyakan jersey dibuat dengan sablon poliplex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *