3 Moment Terbaik Menggunakan Baju Koko

3 Moment Terbaik Menggunakan Baju Koko

Busana muslim untuk kaum hawa yang ada di dalam negeri ragam atau jenisnya memang tergolong banyak, diantaranya ada baju gamis, kemudian juga kaftan sampai dengan abaya, namun agak berbeda untuk kaum adam atau pria yang modelnya sangat terbatas, kebanyakan diantaranya hanya terbatas pada baju koko, pasti tidak begitu asing dengan model pakaian yang satu ini, untuk beberapa acara tertentu terkadang pria memang sering kali memakainya.

3 Moment Terbaik Menggunakan Baju Koko

Sebenarnya pakaian muslim yang satu ini bukanlah produk khas atau asli dari Indonesia, dalam sejarahnya model busana muslim pria tersebut dibawa oleh mereka para pedangan China yang kala ini kebanyakan juga merupakan seorang muslim. Dulunya pakaian yang satu ini diperkenalkan oleh seorang China dengan nama Tui-Khim, namun karena pria asal China lebih banyak dipanggil Koko di dalam negeri, maka kemudian pakaian ini dikenal dengan nama koko.

Di Indonesia sendiri kala itu sudah ada model pakaian pria muslim yang dikenal dengan nama pakaian takwa, bentuknya hampir sama dengan model pakaian koko ini, namun baju takwa memang memiliki bahan yang sedikit lebih tebal, berbeda dengan baju koko yang bahannya sedikit lebih tipis dan menyerap keringat lebih baik, sehingga kemudian lebih populer di pasaran, pemakaian dari pakaian koko ini sendiri cocok untuk berbagai macam kegiatan, seperti diantaranya adalah:

  1. Beribadah, kebanyakan diantara pria yang akan menjalankan ibadah, pasti akan menggunakan model pakaian koko ini, karena memang bahannya yang ringan membuat gerakan lebih nyaman dan juga terasa sejuk dipakai. Apalagi untuk ibadah yang memang jumlah rakaatnya terbilang banyak seperti sholat tarawih saat bulan suci ramadhan.
  2. Dipakai pada acara keagamaan, fungsi lain dari pakaian yang satu ini adalah untuk acara-acara keagamaan, seperti saat akan menghadiri acar pengajian atau mungkin syukuran, agar terlihat lebih agamis, maka memadukan pakaian koko ini dengan sebuah celana kain panjang atau sarung dan juga peci.
  3. Dipakai saat acara adat Jawa, pemakaian lainnya adalah ketika ada upacara untuk masyarakat Jawa, masyarakat suku Jawa asli pada dasarnya memang sering kali mengadakan acara-acara atau upacara tertentu, seperti bersih desa, sedekah bumi dan yang lainnya, nantinya setiap masyarakat yang datang harus mengenakan pakaian yang sopan. Para pria akan datang memakai busana ini berpadu sarung, khususnya bagi yang muslim.

Simak juga Cara Padu-padan Baju Batik Barca yang Sedang Populer Saat Ini!

Sangat banyak bukan fungsi dari baju koko ini, tak heran jika koleksinya di dalam lemari pria juga banyak. Bahkan semakin kesini jika melihat dari tawaran modelnya juga tidak kalah bervariasi, bisa Anda sesuaikan dengan selera saja, pilah-pilih yang tepat sesuai kebutuhan Anda, jelang ramadhan seperti sekarang ini kebutuhan juga akan semakin tinggi untuk busana tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *