Paling Sering Digunakan, Baju Koko Ternyata Memiliki Beberapa Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui

Paling Sering Digunakan, Baju Koko Ternyata Memiliki Beberapa Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui

Bagi mereka yang memeluk agama muslim sudah terkenal bahwa mereka harus menggunakan baju khusus yang memang dianjurkan untuk digunakan oleh kaum pria mau pun wanita. Berbeda dengan kaum hawa yang memiliki begitu banyak pilihan pakaian muslim, para pria memiliki jenis pakaian muslim yang terbatas. Salah satu yang paling sering digunakan oleh pria muslim di Indonesia adalah baju koko. Jenis baju ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, belum lagi sekarang ini muncul jenis pakaian pria modern yang mengadaptasi jenis pakaian tersebut. Hal ini disebabkan karena baju ini memiliki desain yang begitu simple namun tetap terlihat keren dan elegan. Disamping itu, ternyata jenis pakaian tersebut sudah ada sejak lama di Indonesia dan memiliki beberapa fakta unik dan juga menarik yang harus Anda ketahui, seperti:

Paling Sering Digunakan, Baju Koko Ternyata Memiliki Beberapa Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui

  • Berasal dari Tiongkok

Fakta pertama yang harus Anda ketahui mengenai pakaian muslim ini adalah awalnya digunakan oleh masyarakat asal Tiongkok bernama Tui-Khim. Ciri khas baju ini terletak pada bagian kerahnya yang begitu unik dan memiliki 5 buah kancing pada pakaian tersebut. Kemudian di Indonesia, baju ini mulai ikut digunakan oleh warga Betawi dan dipadukan dengan bawahan batik. Tadinya, baju ini lebih banyak digunakan oleh pemuda dari Tiongkok yang disebut koko dan akhirnya terus disebut dengan nama koko yang kerap digunakan dari masa ke masa oleh warga Indonesia.

  • Gaya Berpakaian

Baju koko mulai masuk pertama kali ke Indonesia pada abad ke-20, dimana baju ini memang lebih banyak digunakan oleh pria muda dari Tiongkok yang datang ke Indonesia, yang kerap disebut juga sebagai koko. Gaya berpakaian mereka tentunya sangat khas dimana mereka memadukan jenis pakaian tersebut dengan bawahan celana longgar yang saat itu sedang menjadi trend di Indonesia.

  • Baju Takwa

Pada beberapa daerah tertentu di Indonesia, baju ini disebut juga sebagai baju takwa, yang dimana memiliki desain pakaian yang mirip. Tapi nyatanya, kedua pakaian tersebut sangatlah berbeda, baju takwa diadaptasi dari baju tradisional asal pulau Jawa bernama Surjan yang biasanya digunakan oleh para pemuda pria sehari-hari, sedangkan koko diadaptasi dari pakaian asal Tiongkok bernama Thui-khim tersebut. Namun karena desain dan juga modelnya cukup mirip, banyak orang yang salah menyebut kedua baju tersebut.

Baca juga 3 Moment Terbaik Menggunakan Baju Koko

  • Model Koko

Fakta menarik terakhir yang harus Anda ketahui dari jenis pakaian yang dikhususkan untuk para pria adalah sekarang ini model baju koko sudah sangat berkembang, sesuai dengan perkembangan zaman juga. Sekarang, terdapat berbagai motif dan juga warna dari baju tersebut, dan juga sudah tercipta kolaborasi antara baju ini dengan baju takwa sehingga model dan desainnya pun akan jauh lebih memikat dan membuat penggunanya menjadi tampil lebih gagah dan modern.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *