Apa Perbedaan Bahan Jersey dan Bahan Spandex?

Apa Perbedaan Bahan Jersey dan Bahan Spandex?

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa bahan kain dipasaran memang banyak sekali jenisnya. Antara lain adalah bahan jersey dan bahan spandex. Kedua ini merupakan bahan kain yang seringkali kita jumpai di pasaran dalam membuat busana. Belakangan ini, bahan kain jersey juga sedang naik daun. Umunya, kita sering menjumpai bahwa kain jersey digunakan untuk menjadi bahan dasar kain untuk seragam bola, atau seragam olahraga lainnya. Bahan kain jersey terkenal dingin, dan jatuh ketika dipakai dan menghilangkan kesan lekukan pada tubuh serta mampu menyerap keringat cukup baik.

Sedangkan, bahan spandex kerap kita jumpai dipasaran yaitu untuk digunakan untuk membuat busana Muslimah. Tapi, para desainer saat ini tengah ramai memakai bahan jersey dan bahan spandex untuk membuat busana Muslimah. Hal ini terjadi lantaran kedua bahan tersebut cukup banyak disukai oleh para Muslimah tanahair, dan keduanya terlihat cocok untuk untuk membuat model busana Muslimah dengan model casual dan juga santai, akan tetapi tak menutup peluang untuk penggunaan seragam formal dengan beberapa imbuhan aksesoris tentunya sesuai dengan selera masing-masing individu.

Dengan maraknya model baju Muslimah layaknya gamis yang  memakai bahan jersey dan spandex ini pastinya membuat kita harus bisa membedakannya ketika kita akan memutuskan untuk membeli baju tersebut. Karena meski dilihat dengan sepintas dua bahan ini memiliki kemiripan, akan tetapi kalua di lihat dengan detail maka bakal nampak perbedaan antara keduanya, dan ikut akan mempengaruhi karakteristik, harga hinggarasa nyaman ketika memakainya. Tak hanyaitu, bahkan kedua kain ini akan mempengaruhi penampilan kamu juga lho.  Oleh sebab itu, sahabat semua harus tahu perbedaan dari kedua bahan kain ini sehinga tidak akan tertipu ketika kita membeli baju di butik atau di toko baju muslim lainnya. Namun, jika kita hendak membeli baju lewat online, tentu kita tidak bisa membedakannya karena tak tau produknya secara langsung. Berikut ulasan mengenai kedua bahan tersebut :

Apa Perbedaan Bahan Jersey dan Bahan Spandex?

  • Bahan kain dari jersey

Bahan jersey mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak pada tahun 2013 hingga tahun 2015, akan tetapi pamor dari bahan ini sudah mulai menyusut seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, masih cukup banyak baju Muslimah yang menggunakan bahan ini lantaran memang banyak orang yang nyaman ketika menggunakan baju dengan bahan kain jersey. Kain jersey adalah kain dari tekstil rajutan dan terbuat dari katun yang dicampur dengan sintetis. Bahan kain ini adalah kain cotton stretch, memiliki permukaan yang halus, tak berbulu dan lebih tebal dari bahan spandex.  Kain ini tipe kain yang hangat, elastis, sangat isolasi. Untuk busana muslim, banyak yang memakai grade yang lebih tebal dari biasanya.

  • Bahan kain dari Spandex

Nyaris sama dengan bahan jersey, kain Spandex adalahsalah satu trobosan sebagai bahan baju Muslimah yang banyak ditemukan dipasaran, dengan sejumlah model dan ukuran. Spandex adalah jenis serat sintetis yang tak bisa berdiri sendiri untuk dijadikan sebuah bahan kain, namun wajib digabungkan dengan serat lain agar bisa dijadikan bahan kain. Campurannya bisa dengan serat sintetis seperti polyster atau dengan serat katun.

Baca juga 4 Jenis Bahan untuk Baju Jersey yang Terbaik

Nah, berikut adalah sedikit perbedaan yang coba untuk kami share kepada kalian semua sebagai Muslimah yang suka membeli baju berbahan  kain jersey maupun Spandex. Semoga kalian jadi lebih pandai dalam memilih baju nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *