Banyak Cara Merawat Kaos Agar Bisa Awet

Banyak Cara Merawat Kaos Agar Bisa Awet

Kita sebagai manusia pasti memiliki banyak seklai koleksi kaos. Tidak mungkin manusia hanya memiliki satu kaos, karena kaos adalah busana  mutlak yang dipakai oleh manusia dalam kegiatan sehari-hari. Namun, memang ada sejumlah kaos yang dirasa menjadi favorit dan kaos yang tidak terlalu special bagi sang pemilik. Banyak orang yang kurang begitu peduli bagaimana cara merawat kaos dengan baik dan benar agar kaos yang dimiliki menjadi awet. Oleh sebab itu, saya akan berusaha untuk membagikan sedikit tips untuk merawat kaos agar bisa lebih awet dan Panjang umur.

Banyak Cara Merawat Kaos Agar Bisa Awet

  • Biasakan untuk tidak merendam kaos terlalu lama

Jika kamu membeli kaos baru, usahakan untuk tidak merendamnya terlalu lama. Merawat kaos yang benar yakni maksimal perendaman yakni setengah jam dan pakailah deterjen yang cukup sebab jika kamu memakai deterjen berlebihan akan bisa merusak sablon kaosmu lebih cepat. Merendam terlalu lama juga akan membuat tekstur kaos menjadi rusak.

  • Cuci bajumu secara terpisah dari warna kaos yang tak sama

Kebiasaan banyak orang, yakni mencuci baju dengan menggabungkan kaos dengan semua warna. Padahal, hal ini harus dihindari jika kamu ingin merawat kaos dengan benar. Misal, jika kaosmu berwarna putih, maka jangan menggabungkan kaos dengan warna merah. Hal ini akan beresiko pada kelunturan warna. Lebih dari itu, dengan memisahkan kaos ini akan menjaga kebersihan dari kaos itu sendiri. Apalagi ada salah satu kaos yang kotor, maka kaos yang lain otomatis akan juga ikut kotor jika dicampurkan dalam bak yang sama.

  • Jangan pernah menyikat kaosmu

Bagaiamna cara merawat kaos selanjutnya? Banyak orang yang menyikat kaosnya ketika mereka mencuci baju. Hal ini adalah kesalahan yang fatal, sebab kaos memiliki bahan dasar katun dimana bahan ini merupakan bahan yang lembut  dan terlalu sensitive terhadap sikat. Kamu juga jangan mengucek kaosmu karena hal ini bakal merusak pori-pori dari kaos tersebut sampai merusak sablonnya lho..

  • Baliklah kaosmu saat menjemur

Untuk menjaga warna kaosmu agar tidak memudar, usahakan membalik kaos ketika menjemur yakni menempatkan bagian luar menjadi bagian dalam, dan sebaliknya. Ini adalah cara merawat kaos yang simpel Sinar matahari akan mampu merusak dan membuat warna kaosmu semakin belel jika tidak membaliknya. Hindari juga pancaran sinar matahari secara langsung ketika menjemurnya.

  • Biasakan menjemur tanpa hangar

Merawat kaos yang baik yakni menjemur kaos dengan menggunakan hangar hanya akan merusak bentuk dari kerah kaos. Jadi, lipatlah bajumu ketika menjemur agar bentuk kerah tetap terjaga seperti bentuk semula. Menjemur tanpa hangar memang tak lazim, namun ini akan menyelamatkan kaosmu dari kemelaran yang haqiqi.

Baca juga: Tips Merawat Jersey Futsal Agar Senantiasa Awet

  • Hindari penggunaan pemutih

Tips merawat kaos terakhir yakni, ketika mencuci dengan menggunakan mesin cuci, kamu juga turut memasukkan pemutih ke dalamnya. Ini harus dihindari, karena akan menyebabkan sablonan kaos bisa cepat rusak dan membuat bahan pada kaosmu cepat menipis dan melar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *