Fakta Sepak Bola di Ajang Piala Dunia Yang Menggelitik

Fakta Sepak Bola di Ajang Piala Dunia Yang Menggelitik

Ajang sepak bola tertinggi dunia, yakni Piala Dunia 2018 memang akan diselenggarakan dua bulan lagi. Dimana ajang tersebut akan dihelat pada bulan Juni 2018 esok, dan Rusia akan menjadi tuan rumah. Banyak sekali fakta menarik mengenai apa saja yang terjadi pada pagelaran yang bakal ditontong oleh 7 milyar jiwa di seluruh penjuru dunia tersebut yang mungkin kalian belum sempat mengetahuinya. Banyak hal-hal unik yang terjadi ketika Piala Dunia berlangsung. Berikut ini saya akan mengulas beberapa fakta unik yang kerap terjadi di kompetisi bola tertinggi dunia tersebut.

Fakta Sepak Bola di Ajang Piala Dunia Yang Menggelitik

  • Kenapa jarak antar stadion selalu jauh ya?

Tak seperti event olimpiade yang memiliki jara stadion atau gelanggangnya berdekatan satu sama lain, Piala Dunia justru sebaliknya. Stadion Piala Dunia terkenal memiliki jarak yang sangat jauh satu sama lain. Misalnya pada ajang Piala Dunia tahun 2014 yang dilangsungkan di Brasil silam, jarang sekali antara satu stadion dengan stadion lainnya berdekatan. Rata-rata jaraknya bahkan 3200 kilometer lho. Sangat jauh bukan? Namun, belum pasti bagaimana situasi yang akan terjadi di ajang sepak bola tertinggi bulan depan.

  • Piala Dunia 2014 adalah yang paling mahal biayanya

Kompetisi sepak bola yang paling tinggi dunia ini memang membutuhkan dana yang tak sedikit. Hadiah utama dari pertandingan ini memang cukup menggiurkan, dimana terakhir juara pertama akan mendapatkan uang sebesar 35 juta dollar dan juara 2 senilai 25 juta dollar. Namun, itu masih belum termasuk biaya lainnya. Data yang didapat dari Blomberg, Brasil telah menghasilkan anggaranlebih dari 15 milyar dollar untuk ajang yang dilakukan empat tahun sekali ini. Untuk sekedar membandingkan, berikut rincian dana di beberapa pertandingan selama ini telah dilaksanakan :

2010 – (Afrika Selatan)  : 4 Milyar dollar

2006 – (Jerman) : 6 Milyar dollar

2002 (Jepang-Korea Selatan) : 5 Milyar dollar

1998 – (Prancis) : 340 juta dollar

  • Kenapa tim Eropa selalu mendominasi final sih?

Perlu Anda ketahui, bahwa selama19 kali ajang kompetisi sepak bola tertinggi ini dilangsungkan, para tim-tim Eropa mampu melenggang ke babak final sebanyak 17 kali. Dimana sisanya dua kali diisi oleh negara non Eropa. Itu presentase yang sangat dominan, karena kita juga menyadari para pemain Eropa banyak yang bermain Bersama klub-klub besar di dunia juga.

Baca juga: Ajang Sepak Bola Paling Bergengsi Kancah Dunia Akan Segera Dimulai

  • Negara Italia dan Brasil paling sering menang

Selain negara eropa yang paling sering lolos ke babak final, timnas Brasil dan Italia merupakan dua klub  sepak bola nasional yang paling sering membawa pulang gelar juara dalam ajang empat tahunan tersebut. Tercatat, bahwa Brasil sukses meraih gelar juara 5 kali, yakni tahun 1958-2002 serta Italia sukses meraih gelar sebanyak 4 kali, disusul Jerman 3 kali dan Uruguay 2 kali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *