Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Asian Games merupakan ajang pekan olahraga berstandart internasional, yang diikuti oleh negara – negara merdeka di kawasan Asia. Ajang ini dilakukan selama 4 tahun sekali, dan ajang ke 18 ini Indonesia menjadi tuan rumah dari 45 negara yang ikut menyemarakkan euforia olahraga bergengsi ini dan diikuti oleh 11 ribu atlet dan 5 rb official. Oleh karena itu banyak persiapan yang dilakukan di Indonesia, mulai dari tata kelola kota, tata kelola wisma atlet, makanan yang disediakan dan segala hal yang mencangkup nama baik negara Indonesia. Seluruh petugas pemerintahan setiap daerah dikerakkan untuk memperbaiki wilayah masing – masing, selain menyemarakkan ajang bergengsi ini, euforia dilakukan sebagai perihal untuk memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia.

Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Asian Games digelar selama 16 hari yang dimulai sehari setelah upacara kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu dibuka pada tanggal 18 Agustus 2018 dan ditutup pada tanggal 02 September 2018 dengan bertempat di Jakarta dan di Palembang. Ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi setelah Asian Games Jakarta tahun 1962. Ajang bergengsi ini memiliki ritual khusus untuk memulainya, yaitu dengan mengelilingi wilayah Indonesia menggunakan api abadi yang menempuh jarak sekitar 18 rb kilometer dan berjalan mengelilingi Indonesia kurang lebih selama satu bulan. Yang tempat persinggahan terakhirnya ada di stadion utama Gelora Bung Karno Jakarta pada acara pembukaan Asean Games 18 – 08 – 2018.

Baca juga: Design Jersey Timnas Indonesia dalam Asian Games 2018

Api obor di Asian Games ini bukan sembarang api biasa, api ini didatangkan langsung dari India, karena India merupakan negara pertama yang mengadakan event Asean Games di tahun 1951. Obor ini diserahkan langsung oleh presiden Indian Olympic Association Narinder Brata kepada Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia Erick Thohir, kemudian dikirab untuk berkeliling di nusantara. Api ini tidak pernah padam karena menggunakan bahan bakar gas yang sekali pengisian mampu bertahan hidup selama 10 jam, selain itu pembawaannya pun menggunakan alat khusus yang disebut tinder box. Untuk sampai di Indonesia api ini di kawal oleh lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI AU yang mendarat di Yogyakarta dan disatukan dengan api abadi Mrapen, api yang dianggap penting pada perayaan waisak, karena api ini merupakan fenomena alam dari perut bumi yang tidak pernah padam.

Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia memilih tiga hewan yang akan dijadikan maskot dengan ciri dan simbolis yang mewakili, diantaranya ada burung cenderawasih, badak bercula satu dan rusa bawean. Masing – masing hewan ini memiliki nama, kesemua nama yang diambil diperoleh dari kata Bhineka Tunggal Ika. Bhin – bhin untuk maskot burung cenderawasih, Atung untuk rusa bawean dan Kaka untuk maskot badak bercula satu. Kesemuanya memakai baju adat pilihan dari berbagai wilayah Indonesia. Kita doakan saja  semoga acara bergengsi yang berada di negara kita ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengharumkan nama negara dimata dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *