Informasi Seputar Sejarah Asian Games

Informasi Seputar Sejarah Asian Games

Asian Games adalah acara multi-olahraga continental yang diadakan setiap empat tahun di antara atlet dari seluruh Asia. Pertandingan diatur oleh Federasi Asian Games (AGF) dari Pertandingan pertama di New Delhi, India, hingga Olimpiade 1978. Sejak Olimpiade 1982 mereka telah diorganisir oleh Olympic Council of Asia (OCA), setelah pecahnya Federasi Asian Games. Olimpiade diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan digambarkan sebagai acara multi-olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade. Dalam sejarahnya, sembilan negara telah menyelenggarakan Asian Games. 46 negara telah berpartisipasi dalam Olimpiade, termasuk Israel, yang dikeluarkan dari Olimpiade setelah partisipasi terakhir mereka pada tahun 1974. 

Informasi Seputar Sejarah Asian Games

Dengan latar belakang Perang Tiongkok-Jepang kedua pada tahun 1934, dalam menghadapi desakan Jepang untuk memasukkan Kekaisaran Manchu sebagai negara pesaing dalam Olimpiade, Tiongkok mengumumkan pengunduran dirinya dari partisipasi. Akibatnya, Far Eastern Games yang dijadwalkan pada 1938 dibatalkan. Organisasi itu akhirnya dihentikan. Setelah Perang Dunia II, sejumlah negara Asia menjadi merdeka. Banyak negara Asia yang baru merdeka menginginkan pembentukan suatu jenis kompetisi baru di mana dominasi Asia tidak diekspresikan melalui kekerasan, tetapi diperkuat melalui saling pengertian. 

Permainan terbaru diadakan di Incheon, Korea Selatan dari 19 September hingga 4 Oktober 2014, sementara pertandingan berikutnya akan diadakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia dari 18 Agustus hingga 2 September 2018. Sebelum Asian Games diadakan, sebuah pertemuan yang dikenal sebagai Kejuaraan Olahraga Timur Jauh ada yang pertama kali diperdebatkan pada tahun 1912 di lokasi yang ditetapkan antara Kekaisaran Jepang, Filipina, dan Cina. Pertandingan Timur Jauh pertama kali diadakan di Manila pada tahun 1913 dengan 6 negara peserta. Sepuluh lebih Far Eastern Games diadakan hingga tahun 1934. 

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Mulai tahun 1962, Olimpiade dilanda beberapa krisis. Pertama, negara tuan rumah Indonesia, menolak untuk mengizinkan partisipasi Israel dan Taiwan karena masalah politik dan agama. Akibatnya, IOC menghapus sponsornya atas Olimpiade dan mengakhiri Indonesia sebagai salah satu anggota IOC. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Federasi Atlet Amatir Internasional (IAAF) dan Federasi Angkat Berat Internasional (IWF), juga menghapus pengakuan mereka atas Olimpiade. Pada tahun 1970, Korea Selatan membatalkan rencananya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade yang diduga karena krisis keamanan nasional, namun alasan utamanya adalah karena krisis keuangan, memaksa tuan rumah Thailand sebelumnya untuk menyelenggarakan Olimpiade lagi di Bangkok menggunakan dana yang ditransfer dari Korea Selatan. 

Asian Games Sebelum Olimpiade 1978, Pakistan membatalkan rencananya untuk menyelenggarakan Olimpiade pada 1975 karena krisis keuangan dan masalah politik. Thailand menawarkan bantuan dan Olimpiade sekali lagi diadakan di Bangkok. Namun, seperti pada tahun 1962, Taiwan dan Israel ditolak partisipasi oleh Federasi Games, di tengah isu-isu politik dan ketakutan keamanan. Beberapa badan pemerintahan memprotes larangan tersebut, seperti IAAF, mengancam untuk melarang pemain yang berpartisipasi dari Olimpiade.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *