Benarkah Obor Api Asean Games 2018 Dibawa Langsung dari India?

Benarkah Obor Api Asean Games 2018 Dibawa Langsung dari India?

Seperti yang kita tahu, bahwa gelaran Asian Games 2018 bakal dihelat pada tanggal 10 Agustus 2018 ini, dimana acara tersebut akan berlangsung di Ibu kota Jakarta. Menjadi tuan rumah di ajang tertinggi se-asia tentu sangat membanggakan bagi masyarakat Jakarta maupun seluruh masyarakat Indonesia. tentunya, pemerintah Ibukota Jakarta dan Indonesia telah menyiapkan segala sesuatunya agar acara tersebut bisa diselenggarakan dengan lancar dan sukses, sebab jika ada aspek yang tidak siap maka ini akan mempermalukan wajah Indonesia di mata Asia. Beberapa bulan terakhir, pemerintah sudah bekerja keras dalam menyiapkan tempat untuk Asean Games, dan saat ini semuanya sudah Nampak siap digunakan.

Benarkah Obor Api Asean Games 2018 Dibawa Langsung dari India?

Akan tetapi, ada yang unik dalam upacara pembukaan Asian Games dimana dikabarkan bahwa obor api yang digunakan dalam acara pembukaan tersebut. dikabarkan, bahwa obor api tersebut dibawah langsung dari India menggunakan pesawat. Lalu, bagaimana bisa obor tersebut tetap menyala ketika masuk ke dalam pesawat? Seperti yang diketahui, bahwa Susi Susanti, sosokpemain bulu tangkis yang memiliki banyak prestasi ini menjadi perwakilan Indonesia untuk mengambil obor di acara Asean Games 2018 kali ini. Api abadi untuk Asean Games 2018 ini tengah disimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India yang mana sebagai tempat perdana Asean Games dilangsunkan tepatnya pada tahun 1951silam.

Perlu diketahui, bahwa obor api Oimpiade ternyata diambil dari Olympia, negara Yunani yang manasebagai lokasi berlangsungnya Olimpiade pertama kali pada 1000 tahun silam. Yang kita tahu, bahwa api umumnya mudah padam jika tertiup oleh angin. Apalagi, obor api Asian Games ini harus melewati perjalanan yang Panjang sebelum tiba di Indonesia memakai pesawat namun tak boleh mati. Akan tetap, tim pun tak kehilangan akal dimana dilaporkan oleh Kompnas, obor api diambil memakai sejenis lentera yang bernama Tinder Box yang memakai bahan bakar gas. Sekalinya diisi penuh, bahan bakar tersebut dapat membuat api menyalah sampai 10 jam.

Baca juga: Informasi Seputar Sejarah Asian Games

Terlepas dari itu semua, untuk menyalakan api di obor, bahan bakar yang digunakan yaitu Liquified Petroleum Gas (LPG), sama seperti bahan bakal yang ada pada kompor dan bentuknya botol. Dengan memakai bahan bakar tersebut, api akan mampu menyala dengan rata dan tahan lama. Tak hanya itu, lantaran keluar dalam bentuk gas, maka taka da resiko bahan bakar yang akan tumpah dan pastinya akan menjadi lebih aman digunakan. Yang pasti, acara Asian Games 2018 ini sudah dinantikan banyak orang, dan kita akan bisa menonton acara tersebut secara langsung lantaran acara dilangsungkan di Jakarta. Akan banyak sekali cadang olahraga yang dilombakan di acara ini, jadi, kalian harus siap-siap untuk mendukung cabang olahraga yang kalian sukai ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *