Disabilitas: Antara Kekurangan dan Semangat untuk Terus Berprestasi

atlet disabilitas asean para games

Asian Para Games (INAPG) adalah acara multiolahraga internasional pertama di Asia yang melibatkan atlet dengan berbagai disabilitas. Pada tahun ini, kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Indonesia. Indonesia sebagai tuan rumah adalah negara ketiga penyelenggara Asian Para Games, setelah China (2010) dan Korea Selatan (2014). Dalam rangka melanjutkan warisan kesuksesan Asian Games pertama di Indonesia yakni pada tahun 1962, kota Jakarta dipilih menjadi kota tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut. Dengan sebuah semangat yakni bahwa olahraga dapat menumbuhkan harapan baru, Pemerintah Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengambil tantangan untuk menyelenggarakan Indonesia 2018 Asian Para Games untuk melebihi keberhasilan yang telah dicapai pada acara sebelumnya.

Berbagai langkah agar acara tersebut berhasil mulai dilakukan. Salah satunya adalah dengan pembentukan Panitia Penyelenggara Permainan Asia Indonesia (INAPGOC) yang ditujukan untuk mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan INAPG 2018. Dengan menyelenggaran kegiatan ini, INAPGOC ingin secara aktif mempromosikan olahraga secara khusus bagi para penyandang atlet cacat untuk Warga Negara Indonesia (WNI) sehingga kedepannya dukungan untuk olahraga ini diharapkan semakin meningkat. Lebih dari itu, acara ini diharapkan dapat menjadi langkah besar bagi perubahan bahwa semua orang dari berbagai kalangan masyarakat memiliki hak dan peluang yang sama untuk bersaing, bahwa kekurangan bukanlah kendala untuk berprestasi dalam ajang ini.

Adapun jadwal Asian Para Games 2018 sendiri diselenggarakan pada tanggal 6-13 Oktober 2018 di Jakarta. Lokasi-lokasi yang digunakan dalam pelaksanaan lomba di antaranya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (untuk cabang atletik), Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Istora Senayan (untuk cabang bulutangkis), Tanjung Priuk Sports Hall (untuk cabang lomba Boccia), Cempaka Putih Sports Hall (untuk cabang lomba catur), Sentul International Circuit (untuk cabang balap sepeda jalan raya), Jakarta International Velodrome (untuk cabang bapal sepeda dengan track), Balai Kartini (untuk cabang GoalBall), JIExpo Grand Ballroom (untuk cabang olahraga judo), Lapangan Hoki Gelora Bung Karno (untuk cabang lanwball), Balai Sudirman (untuk cabang angkat beban, Senayan Shooting Range (untuk cabang menembak), Aquatic Center (untuk cabang olahraga renang), Taman Wisata Jaya Ancol Bowling (untuk cabang tenpin bowling), Ecovention Ancol (untuk cabang tenis meja), GBK Tennis Indoor (untuk cabang voli duduk), GBK Basketball Hall (untuk cabang basket), POPKI Cibubur (untuk cabang anggar kursi roda), dan Klub Kelapa Gading (untuk cabang tenis kursi roda). Dengan jumlah peserta yang mencapai 3.886 yang berasal dari 42 negara, ajang perlombaan yang salah satunya disponsori oleh Bukalapak ini diperkirakan menjadi ajang kedua Indonesia terbesar tahun ini setelah Asian Games 2018 yang telah berlangsung bulan lalu.

Setidaknya ada 18 cabang olahraga dan 586 nomor yang diperebutkan dalam ajang kompetisi ini. Dari kedelapanbelas cabang tersebut, ada dua cabang lomba yang memang khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Dua cabang lomba tersebut adalah Boccia dan Goalball. Harga tiket yang dijual untuk acara ini lebih murah dibandingkan tiket Asian Games. Ada dua macam tiket yakni tiket untuk pembukaan atau penutupan dan tiket menonton pertandingan. Adapun Tiket untuk menonton pertandingan Asian para games sendiri terdiri dari 3 jenis. Pertama adalah tiket masuk ke area pertandingan dan untuk mengakses fasilitas di dalamnya, kedua adalah tiket masuk terusan di tempat-tempat pertandingan selama masih satu area, dan yang ketiga adalah tiket final pertandingan yang dapat dibeli di tempat maupun secara online.

Tunggu apalagi? Yuk dukung langsung atlet Asian Para Games jagoanmu dengan membeli tiketnya di  https://www.bukalapak.com/event/asian-para-games !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *