Ini Dia 3 Jenis Kain Terbaik untuk Membuat Baju Silat

Ini Dia 3 Jenis Kain Terbaik untuk Membuat Baju Silat

Pencak silat merupakan jenis olahraga dan juga bentuk bela diri khas Indonesia. Banyak diantara anak muda yang tertarik untuk mempelajarinya, karena selain sehat, hal ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai pegangan jika suatu saat nanti berada dalam situasi berbahaya, karena dapat secara mudah melindungi diri sendiri atau bahkan juga dapat melindungi orang lain. Umumnya setiap organisasi memiliki baju silat yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan ciri khas mereka, misalnya ada yang berwarna hitam, putih atau ragam warna yang lainnya.

Ini Dia 3 Jenis Kain Terbaik untuk Membuat Baju Silat

Tentunya tak bisa secara langsung membeli baju silat ini di pasaran, karena hanya diberikan kepada mereka yang pada dasarnya memang sudah masuk ke dalam organisasi dan juga sudah memiliki keahlian. Nantinya dari setiap keahlian atau kelas yang berbeda-beda ini juga akan dibagikan warna sabuk yang berbeda-beda untuk menunjukkan level atau kemampuan. Untuk membuat pakaian silat yang bagus, maka harus cerdas dalam memilih bahan yang digunakan.

Berikut ini diantara beberapa jenis kain yang bagus atau nyaman dipakai dalam pembuatan pakaian silat ini, diantaranya adalah:

  1. Kain savana, mungkin banyak yang masih agak asing dengan nama kain yang satu ini. kain ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga cukup elastis sehingga bisa secara mudah digunakan untuk bergerak bebas. Kemudian jika dilihat dari tampilan luarnya juga mengkilap sehingga tampak mewah, desainnya cukup klasik dan tak begitu berat, sangat cocok digunakan untuk kondisi iklim tropis. Hanya saja jika berbicara mengenai harga memang sedikit agak mahal.
  2. American drill, kain yang satu ini berciri khas yaitu bagian jahitan atau permukaannya yang diagonal atau miring. Benang yang digunakan dalam pembuatannya sendiri juga sangat kuat, sehingga tak akan mudah robek ketika digunakan untuk bergerak. Kain ini sebenarnya merupakan campuran antara kain katun dan juga polyester. Bagian permukaan dari kain yang satu ini rapat sehingga nyaman dipakai.
  3. Japan drill, serat yang ada pada permukaan ini besar-besar sehingga terlihat jelas, dibandingkan dengan bahan-bahan yang lainnya, maka kain yang satu ini memiliki karakteristik yang lebih kuat, jadi jangan khawatir karena sekalipun gerakan-gerakan yang dilakukan saat silat terbilang tinggi, namun tak akan membuatnya mudah robek. Biasanya kain yang satu ini juga hanya digunakan dalam pembuatan seragam-seragam khusus saja, apalagi harganya juga tergolong mahal, sesuai dengan kualitasnya.

Baca juga: Pilihan Bahan yang Nyaman untuk Baju Joging

Sudah menemukan jenis kain yang tepat dalam membuat baju silat. Maka tinggal menentukan warna saja, mudah bukan. Pemilihan kain agaknya jadi hal yang sangat penting, apalagi dalam pembuatan seragam seperti ini, agar nantinya pengguna lebih nyaman memakai dan bebas bergerak secara leluasa. Karena pencak silat adalah olahraga yang cukup ekstrim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *