Begini Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Suede

Sepatu wedges merupakan alternatif yang dipilih para wanita ketika mereka enggan memakai high heels yang memiliki hak tipis. Wedges lebih disenangi karena haknya yang lebar tidak akan membuat kita pegel saat memakainya. Kaki kita juga tidak akan sesakit seperti kita memakai high heels.

 

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat wedges adalah bahan suede. Bila dibandingkan dengan bahan kulit biasa, bahan suede memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih rentan rusak. Selain itu, sepatu yang berbahan suede juga lebih cepat kotor dan sulit dibersihkan.

 

Oleh karena itu, sepatu berbahan dasar ini memerlukan perawatan tersendiri, apalagi jika terkena noda. Akan tetapi, kamu harus tahu betul cara membersihkan sepatu berbahan dasar ini. Karena jika tidak, sepatumu bisa jadi cepat rusak.

 

Perlu diketahui bahwa produk pembersih yang mengandung sabun untuk sepatu berbahan kulit biasa justru akan memperparah noda pada bahan suede. Untuk itu, kamu harus ekstra hati-hati dalam merawat sepatu berbahan suede.

Jika kamu memiliki sepatu wanita yang berbahan suede, sebaiknya jangan biarkan sepatumu dibawa hujan-hujanan dan akhirnya basah kuyup. Hal ini jika dibiarkan akan membuat sepatumu menjadi rusak.

 

Pada sepatu yang berbahan suede, kamu bisa membersihkannya menggunakan suede brush khusus atau juga bisa dengan penghapus karet, lho!

 

 

Sepatu berbahan suede ini sebenarnya sebisa mungkin jangan sampai terkena air. Akan tetapi jika sudah terlanjur kena air hujan atau genangan air, segera keringkan dengan tisu kering. Caranya, kamu perlu menepuk-nepuk tisu ke permukaan sepatu yang basah dengan perlahan.  Lalu, tempatkan sepatu di udara yang sejuk, biarkan sepatu kering sendiri dengan bantuan angin.

 

Kemudian, jika kamu mau membersihkan sepatumu secara rutin, kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk bahan suede yang dijual di toko sepatu dan pernak-perniknya, namun kamu juga bisa membelinya secara online. Tetapi jika kamu tidak punya sikat khusus ini, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengunakan sikat gigi yang berbulu lembut untuk menggantinya.

 

Untuk menghilangkan noda dan goresan pada sepatu, kamu bisa menggunakan penghapus karet atau sikat suede. Caranya, sikat sepatu suede kamu secara lembut dan perlahan dengan gerakan searah. Sikat seluruh permukaan sepatu untuk menghilangkan goresan atau noda pada sepatu.

 

Jika noda pada sepatu cukup parah, kamu bisa menambahkan detergen untuk menyikat noda di sepatumu itu agar benar-benar bersih. Apabila noda sudah mulai pudar, kamu bisa menggunakan penghapus karet untuk lanjut membersihkannya. Hal ini akan menyempurnakan kebersihan sepatu kamu. Gerakkan penghapus ke arah yang sama agar suede tidak rusak. Bersihkan penghapus yang tersisa menggunakan sikat suede.

 

jika sepatumu kotor terkena noda minyak, gunakanlah tepung jagung untuk menghilangkan noda tersebut. Caranya, kamu bisa menggosokkan sedikit tepung jagung secara langsung pada noda minyak sampai meresap ke dalam suede. Biarkan tepung menempel selama 2 hingga 3 jam. Kemudian, gunakan sikat suede untuk menghilangkan minyaknya.

 

terakhir, agar sepatu awet, semprotkanlah cairan berbahan dasar silikon. Setelah kamu membeli sepatu, segeralah untuk menyemprot sepatumu dengan semprotan pelindung. Lakukan kegiatan ini secara berulang setelah kamu membersihkannya. Semprotkan cairan ini secara merata dari jarak satu lengan dari sepatu.

 

Catatan: Bahan kulit suede dan bahan kain beludru sekilas memang tampak mirip, namun keduanya tidak terkait sama sekali. Dengan begitu, cara perawatan masing-masing sepatu tersebut berbeda. Jangan gunakan metode dalam artikel ini untuk membersihkan sepatu yang berbahan kain beludru.

 

 

Sumber gambar: suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *