Tips Memilih Baju Silat Dengan Tepat

Tips Memilih Baju Silat Dengan Tepat

Baju silat adalah sebuah baju yang merupakan kebanggaan dari semua pelestari silat. Biasanya warna yang digunakan adalah hitam karena memang hitam menjadi warna umum. Warna tersebut juga mencerminkan dari sifar kesederhanaan dan juga kedekatan antara pesilat dengan alam.

Tips Memilih Baju Silat Dengan Tepat

Baju silat sudah cukup banyak di temukan di pasaran, namun bagi anda yang ingin menggunakannya sebagai baju latihan maka sebaiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini karena terkadang baju yang dibeli jadi tidak bisa sesuai dengan pergerakan tubuh. Tak jarang baju-baju tersebut hanya terlihat bagus dilihat namun memiliki kualitias yang tidak begitu baik.

Nah untuk memudahkan menemukan baju yang sesuai maka simaklah beberapa tips nya berikut ini :

  • Mendukung kebutuhan

Pastikan untuk memilih baju silat yang bisa mendukung kebutuhan anda, seperti melakukan pergerakan silat. Jika baju yang dipilih tidak memiliki kemampuan itu maka bukan tidak mungkin baju akan mudah robek.

Sebaiknya motif pada selangkangan jangan yang belah ketupat, mengapa demikian ? hal ini karena pada saat melakukan pergerakan menendang maka bagian ujung kaki anda akan terangkat. Kemudian hal itu akan menarik bagian pesak dan akhirnya gerakan akan terkunci oleh bagian selangkangan tersebut.

  • Bahan kuat

Karena akan digunakan untuk banyak aktivitas maka pilihlah bahan yang kuat, untuk yang ada dipasaran maka anda bisa memilih bahan drill. Bahan drill sendiri juga terdiri dari banyak jenis yaitu drill twill, american drill, dan juga japan drill.

Penjelasan mengenai bahan drill twill yaitu memiliki serat yang kecil sehingga akan lebih tipis jika dibanding kedua jenis lainnya. Namun kelebihannya yaitu ada pada harganya yang murah dan bahan baju silat ini akan cocok untuk digunakan bagi siswa baru di usia dini atau anak SD hingga SMP.

Untuk bahan american drill ini memiliki permukaan kain yang lebih lembut sehingga banyak menjadi pilihan. Selain itu bahannya juga sudah cukup bagus untuk digunakan bagi siswa, atlet maupun juga pelatihnya. Jika anda menginginkan yang paling baik maka bisa memilih japan drill karena memang kainnya lebih tebal di antara ketiganya. Bahan ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan lebih baik sehingga cocok digunakan bagi atlet, pelatih maupun wasit juri profesional.

  • Perhatikan jahitan

Karena seni bela diri silat merupakan jenis olahraga yang ekstrim dengan gerakan-gerakannya maka sebaiknya anda memilih baju silat dengan jahitan ganda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya tarikan yang mengakibatkan baju sobek.

Baca juga: Ini Dia 3 Jenis Kain Terbaik untuk Membuat Baju Silat

Itulah tadi beberapa tips atau beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli baju silat. Semoga informasi ini bisa menambah pembelajaran bagi kita semua dan semoga dengan baju yang tepat anda juga bisa lebih nyaman pada saat berolahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *