Lima Langkah Cara Merawat Jaket Kulit Domba

Memiliki jaket kulit yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas tentunya sangat menarik. Terlebih bagi Anda yang seorang pengendara motor, tentulah jaket kulit ini menjadi penyelamat bagi Anda akan adanya hawa dingin atau angin jahat yang menyerang. Model jaket kulit yang telah banyak beredar biasanya memang juga disesuaikan dengan iklim atau cuaca pada daerahnya tersebut. Mulai dari yang memiliki iklim tropis atau bahkan subtropis.

Bahan pembuatannya pun beragam berdasarkan kulit kulit dari beberapa hewan seperti kulit sapi, kulit domba, maupun dengan kulit sintestis.

Namun, bila Anda memang memiliki jaket kulit, Anda juga harus berupaya merawatnya dengan baik. Salah salah bila jaket kulit Anda tidak dirawat, maka usia pemakaiannya pun tak lama. Kalau sudah seperti itu, tentulah penyesalan yang semakin menyesakkan.

Bila Anda memiliki jaket kulit asli maupun kulit imitasi atau sintetis, perawatannya pun tak banyak berbeda. Cara merawat jaket kulit domba memang tidak sesulit yang dibayangkan dan tidak pula semudah yang dipikirkan. Untuk itu ambil tengah-tengahnya saja untuk tidak terlalu mempersulit maupun mempermudahnya.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencuci dan merawat jaket kulit domba Anda dengan benar:

  1. Mencucinya, jangan gunakan detergen. Ingat untuk mencuci jaket kulit kesayangan Anda tak perlu menggunakan detergen. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan shampo yang telah dicampurkan ke dalam air.
  2. Cara mencucinya, jangan menggunakan mesin cuci. Untuk mencuci jaket kulit kesayangan Anda pun sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci. Setelah membuat cairan antara shampo dengan air tadi, rendam jaket beberapa saat selama beberapa saat. Atau bila dirasa tidak terlalu kotor, Anda hanya perlu merendamnya dengan air saja tanpa adanya sabun.
  3. Mengeringkannya, jangan diperas apabila ingin mengeringkannya. Bila tidak ingin jaket kulit kesayangan Anda rusak ataupun berubah bentuk jadi berkerut kerut, hindarilah cara memeras jaket dengan tangan ataupun dengan bantuan alat lainnya. Jemurlah dalam keadaan masih basah ketika telah tercelup di air rendaman tadi.
  4. Menjemurnya, jangan pula untuk menjemur jaket yang telah dicuci tadi langsung berada di bawah sinar matahari. Hal ini juga demi menghindari adanya perubahan warna pada jaket kulit. Lebih baik bila Anda mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang teduh hingga mengering.
  5. Menyimpannya, setelah kering akan tiba waktunya untuk menyimpan jaket kulit Anda. Namun perlukah disetrika? Memang tujuan untuk menyeterika adalah agar kuman kuman yang masih menempel pada baju baju kita dapat ikut mati karena panasnya. Sebaiknya memang bila Anda memiliki jaket kulit dan akan tetap menyeterikanya, gunakan pelapis untuk menyeterika seperti kain lain, agar kulitnya pun tidak mengelupas karena panas. Setelah itu, gantunglah jaket kulit Anda pada lemari yang kering dan tidak lembab untuk menghindari pertumbuhan jamur.

Selain lima langkah cara merawat jaket kulit domba di atas, kami berikan beberapa tips yang ada agar jaket kulit Anda tetap awet dan bagus.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan adalah:

  • Sebisa mungkin untuk menghindari air hujan, walaupun kesannya adalah “waterproof”, tetap saja bila terlalu sering terpapar air hujan akan membuat warnanya pudar atau bahkan rusak.
  • Bila memang sudah terlanjur terkena air hujan, usahakan segera mengeringkannya dengan menggunakan lap bersih.
  • Lakukan perawatan secara khusus seperti penggunaan baby oil yang dapat ikut diusapkan pada jaket kulit.
  • Jangan menggunakan parfum, bila tidak ingin membuat jaket kulit mengelupas karena sifatnya yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia.

 

Sekian dulu, semoga jaket kesayangan Anda tetap awet ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *