Specs, Apparel Bola Asli Asal Indonesia

Specs, Apparel Bola Asli Asal Indonesia

Specs adalah salah satu apparel asli Indonesia yang telah digunakan cukup banyak klub sepak bola. Tidak hanya dari Indonesia melainkan telah banyak klub luar negeri yang menjalin kerjasama dengan apparel asal Jakarta ini.

Specs, Apparel Bola Asli Asal Indonesia

Ya meskipun sampai saat ini specs belum bisa menjadi jersey untuk timnas Indonesia namun kita patut berbangga. Kualitas yang baik mampu mengantarkan produk ini untuk dilirik di kancah persaingan internasional.

Brand ini sendiri sebenarnya sudah cukup lama berdiri yaitu di tahun 1979 yang didirikan oleh Hendrik Sasmito. Pada tahun tersebut belum terlalu ada perhatian dari publik namun ia tidak pernah menyerah untuk mengembangkan produknya. Usaha uletnya mulai terlihat setelah pada tahun 2005 ia berhasil menerapakan sistem baru yang bisa menarik perhatian dari masyarakat luas.

Untuk membantu memasarkan apparel specs mulailah menggandeng pemain top sebagai brand ambassador. Selain itu tidak sedikit pula klub-klub elit yang juga menggunakan sehingga pemasarannya kian meluas. Klub Indonesia yang pernah di sponsori adalah Persija, Arema, dan juga Persipura. Kesuksesan tersebut tidak menjadikan mereka cepat berpuas diri karena mereka mulai untuk melirik pasar di luar Indonesia.

Sebagai contohnya apparel asli Indonesia ini berhasil untuk digunakan oleh timnas Liberia yang merupakan negara di Afrika Barat. Timnas negara lain yang juga menggunakan brand lokal ini adalah Puerto Rico. Namun ini sebenarnya merupakan hal yang tidak sengaja, mulanya timnas negara tersebut akan melakukan pertandingan dengan Indonesia dan mereka menggunakan kostum kandang. Sayangnya kostum yang akan digunakan tersebut memiliki kemiripan warna dengan jersey timnas kita.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka specs membuatkan seragam tandang baru untuk timnas Puerto Rico yang memiliki warna biru. Untuk kalangan klub maka anda bisa melihat klub asal negeri Jiran Malaysia yang juga menggunakan apparel lokal ini. klub Terengganu FA ini menggunakan jersey pada liga super Malaysia yang diselenggarakan pada tahun 2010 hingga 2013 lalu.

Sayangnya kontrak tersebut tidak dilanjutkan karena mereka kemudian memilih menggunakan apparel lain yang berasal dari Inggris dan kabarnya saat ini juga telah beralih menggunakan jersey dari produsen lokal Malaysia.

Baca juga: Kiat Tepat Memilih Jersey Badminton Indonesia Terbaik untuk Anda

Melihat sepak terjang salah satu apparel tersukses di Indonesia ini tentu membuat kita berbangga karena artinya produk lokal mampu untuk bersaing dengan brand dari luar negeri. Kerjasama antara apparel dengan klub tentu masih bisa dilanjutkan dalam berbagai segi yang lain sehingga bisa membuat produk lokal menjadi lebih digandrungi oleh masyarakatnya sendiri.

Namun tentu itu bukan sebuah perjuangan yang mudah, diperlukan usaha dan kerja keras selain itu harus ada terobosan baru yang mampu mengangkat pasar. Jangan hanya mengandalkan klub di Indonesia karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa sistem pengelolaan klub belum berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *