Perhatikan Bagian-Bagian Ini Ketika Kamu Hendak Membeli Helm Sepeda

Selain saat naik motor, helm merupakan alat penting yang harus digunakan saat mengendarai sepeda. Bukan hanya soal alasan keamanan, melainkan perihal mode mengingat popularitas kendaraan tersebut tengah menanjak di masa kini. Berbagai pabrikan helm dengan desainer handalnya berlomba untuk memproduksi barang yang sesuai untuk pengendara sepeda. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh produsen helm sepeda beragam, mulai dari ventilasi yang adem, ukuran yang pas, dan model gaul untuk macam-macam kalangan.

Saat ini, tengah banyak helm sepeda dari berbagai pabrikan di pasaran. Mulai dari helm untuk para pengendara yang gemar mendaki gunung sampai pengendara sepeda di tengah lingkungan perkotaan. Mari ketahui macam-macam helm sepeda berikut.

Pertama, adalah jenis road. Helm road dirancang untuk digunakan saat mengendarai sepeda di jalan raya dengan berat yang ringan, ventilasi, serta perlindungan untuk pengendara sepeda di jalan perkotaan. Kedua, jenis aero road. Jenis ini dirancang guna memberikan kemudahan gerakan bagi pemakainya, beratnya ringan dan ukurannya mendukung aerodinamis. Ketiga, time trial yang dirancang untuk balapan dengan perlindungan yang baik ketika ngebut saat mengendarai sepeda. Keempat, helm BMX dengan dua desain utama yang populer: full face dan open face. Kelima, mountain bike helmet dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra di medan terjal. Keenam, leisure dengan desain gaul yang ciamik dengan bobot yang agak berat. Ketujuh, full face yang menawarkan perlindungan maksimum untuk dagu, gigi, dan pipi. Kedelapan, kids and youth helmet yang dipasarkan untuk kalangan anak dan remaja.  

Untuk memiliki salah satu dari sekian jenis tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membelinya. Tentu tidak enak rasanya ketika membeli barang yang tidak nyaman ketika digunakan. Simak baik-baik, ya. 

  • Utamakan Keselamatan
Baca Juga >>  Tips Memilih Bra Olahraga yang Tepat

Sebagai pengendara sepeda yang baik, keselamatan merupakan hal utama. Untuk itu pilihlah helm sepeda berstandar nasional atau internasional. Dengan memiliki helm yang telah diukur dan terjamin, keselamatanmu ketika bergowes ria tidak akan dihinggapi rasa was-was.  

  • Lihat Ventilasi dalam Helm

Selama mengendarai sepeda, tentu banyak tenaga yang dikeluarkan sehingga tubuh akan bergejolak. Helm sepeda yang baik akan menyediakan ventilasi sehingga kamu akan merasa nyaman saat berkendara. Udara panas dalam kepalamu akan tersalurkan dengan baik meski terbungkus helm.

  • Jangan Lupakan Tali Pengikat Dagu

Bersepeda merupakan aktivitas sehat dengan gerak di berbagai bagian pada tubuh, tentu juga pada kepala. Helm sepeda yang tidak akan mengganggumu saat asik bergowes adalah helm dengan tali pengikat yang nyaman. Perhatikan pada bagian telinga dan penopang dagu. Apakah itu akan membuatmu bergerak dengan nyaman dan leluasa? Biasanya, tali helm sepeda yang baik adalah berbentuk huruf V pada bagian telinga dan terdapat bantalan pada bagian dagu.

Kiat-kiat di atas sangatlah penting ketika kamu hendak membeli helm sepeda untuk menunjang hobi/aktivitas sehari-hari. Memiliki helm sepeda yang keren juga akan membuatmu terlihat mempesona. Tidak elok rasanya ketika kita berkendara tanpa memperhatikan keselamatan dan tampilan. Belum lagi, kewajiban dari pihak berwenang agar kita selalu selamat dan tidak menyalahi aturan.

Berbagai gerai telah menyediakan helm sepeda untuk kamu para pengendara yang budiman. Desainnya banyak yang unik dan rupa-rupa fitur telah ditawarkan. Dalam hal nilai, harga helm sepeda di sini beraneka ragam dan cocok untuk melindungi keselamatan serta membuatmu terlihat trendi. Selalu ingat untuk menggunakan helm saat mengendarai sepeda, ya.